Wisata Bukit Klangon: Nikmati Keindahan Panorama Gunung Merapi dan Track Sepeda Downhill Terbaik di Yogyakarta, dijogja.co. Wisata Bukit Klangon: Nikmati Keindahan Panorama Gunung Merapi dan Track Sepeda Downhill Terbaik di Yogyakarta.
13 April 2023 10:53
13/04/2023
292
wisataoke.com

dijogja.co -

Bukit Glagaharjo, yang lebih dikenal dengan sebutan Bukit Klangon di media sosial, adalah sebuah tempat wisata alam yang mendapatkan donasi pengembangan wisata minat khusus dari Riotary International. Bukit Klangon mulai terkenal baru-baru ini meskipun sebenarnya sudah dibuka untuk umum sejak tahun 2011. Bukit Klangon terbentuk setelah adanya erupsi Gunung Merapi dan dikelola oleh warga sekitar dengan dukungan pengelolaan dari pemerintah kabupaten setempat. Tempat ini terus berkembang dengan perluasan lahan parkir dan penambahan spot-spot untuk menikmati panorama yang ada.

Bukit Klangon terletak di kota Yogyakarta, khususnya di daerah Sleman. Anda dapat melihat Gunung Merapi dengan jelas tanpa harus mendaki sampai ke puncaknya. Bukit Klangon memiliki gardu pandang dengan background Gunung Merapi, yang berjarak sekitar 4 km dari tempat ini. Gunung Merapi masih aktif dan nampak gagah serta besar, sehingga keindahannya sangat mempesona.

Gardu Pandang di Bukit Klangon memiliki ketinggian 5 meter yang kokoh. Selain gardu pandang tersebut, Bukit Klangon dulunya juga dikenal sebagai tempat downhill untuk pembalap sepeda gunung. Tempat ini dikembangkan sebagai lintasan sirkuit downhill dan sering mengadakan acara balapan sepeda tingkat regional maupun nasional. Saat ini, Bukit Klangon merupakan satu-satunya lintasan sirkuit downhill terbaik di Kota Yogyakarta.

Bukit Klangon sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan masa liburan dan melepas penat. Anda dapat menikmati pagi di lereng Gunung Merapi yang hangat. Pemandangan pagi dari Bukit Klangon akan membuat pagi harimu menjadi berbeda dan terasa istimewa. Anda juga dapat bersepeda sambil menikmati suasana Bukit Klangon pada sore hari. Bukit Klangon menyediakan track sepanjang 20 km bagi Anda yang memiliki hobi bersepeda dengan medan yang memicu adrenalin. Perjalanan track sepeda ini biasanya memakan waktu sekitar 1,5 jam. Jika Anda ingin mencoba downhill, kunjungi wisata Bukit Klangon yang terletak di kabupaten Sleman.

Fasilitas Pendukung

tulis ulang artikel berikut menjadi 2 paragraf dan di singkat :
Rute Menuju Bukit Klangon
Rute menuju wisata Bukit Klangon cukup terjangkau dan jalan menuju Bukit Klangon sudah layak untuk dilewati. Jika anda dari pusat 0 km kota Yogyakarta ke barat melewati jl kh ahmad dahlan sampai pertigaan belok ke utara melewati jl bhayangkara lurus terus sampai melewati jl jogonegaran, sampai perempatan ke barat melewati jl kemetiran kidul sampai perempatan ke utara melewati jl letjen suprapto lurus terus, lalu belok ke kanan melewati jl tentara rakyat mataram lurus terus, lalu menuju jl magelang jalan terus lalu melewati bundaran belok ke timur melewati jl padjajaran, sampai perempatan ke kiri melewati jl kaliurang lurus terus sampai melewati jl pamungkas, sampai pertigaan ke timur melewati jl grogolan lurus terus sampai pertigaan ke utara melewati jl pasar butuh ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai ke obyek wisata Bukit Klangon.

Alamat

Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583

Jam Buka

Jam Buka Bukit Klangon :Setiap hari pukul 06.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket dan Parkir Bukit Klangon
Harga tiket untuk masuk ke wisata Bukit Klangon belum dikenakan biaya, anda hanya perlu membayar seiklasnya ketika anda ingin berfoto ria di berbagai spot foto yang ada di Bukit Klangon.

Sedangkan untuk harga parkir anda hanya akan dikenakan biaya Rp. 2000 untuk kendaraan motor dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Rute Menuju Lokasi

Untuk mencapai wisata Bukit Klangon, rute yang dapat diambil cukup terjangkau dan jalan menuju lokasi wisata tersebut sudah cukup layak untuk dilewati. Dari pusat kota Yogyakarta, perjalanan dapat dimulai dengan melewati Jalan KH Ahmad Dahlan dan belok ke utara melewati Jalan Bhayangkara. Kemudian, teruskan perjalanan melalui Jalan Kemetiran Kidul hingga perempatan ke utara di Jalan Letjen Suprapto. Belok ke kanan dan ikuti Jalan Tentara Rakyat Mataram hingga ke Jalan Magelang, lalu belok ke timur di bundaran dan melewati Jalan Kaliurang hingga melewati Jalan Pamungkas dan Jalan Grogolan. Akhirnya, belok ke utara di Jalan Pasar Butuh dan teruskan perjalanan hingga sampai ke wisata Bukit Klangon.