Menikmati Pesona Curug Sidoharjo Kulon Progo: Tantangan Menuju Air Terjun yang Menakjubkan, dijogja.co. Menikmati Pesona Curug Sidoharjo Kulon Progo: Tantangan Menuju Air Terjun yang Menakjubkan.
27 April 2023 10:37
27/04/2023
167
gudeg.net

dijogja.co -

Curug Sidoharjo merupakan salah satu air terjun yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nama Curug sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang berarti air terjun. Tingginya mencapai sekitar 75 meter, membuat Curug Sidoharjo menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para pengunjung. Namun, perjalanan menuju lokasi Curug Sidoharjo bukanlah hal yang mudah. Anda harus menggunakan kendaraan yang tangguh dan melewati jalan dengan kontur yang ekstrem, dengan tanjakan dan turunan tajam sebagai teman perjalanan Anda.

Setelah sampai di lokasi, kendaraan akan diparkir di tempat parkir yang dikelola oleh masyarakat setempat. Dari sana, perjalanan menuju Curug Sidoharjo dilanjutkan dengan berjalan kaki selama sekitar 10 menit. Meskipun harus berjalan kaki, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijau hamparan lahan pertanian dan gugusan pegunungan Menoreh yang indah yang dapat dinikmati sepanjang perjalanan menuju Curug Sidoharjo. Dengan keindahan alam yang dimilikinya, tak heran jika Curug Sidoharjo menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Fasilitas Pendukung

Curug Sidoharjo memiliki fasilitas pendukung yang cukup lengkap. Di antaranya adalah tempat parkir yang cukup luas, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir saat berkunjung ke lokasi ini. Meski begitu, fasilitas umum yang tersedia di sana masih belum memadai secara maksimal. Hal ini disebabkan oleh kondisi Curug Sidoharjo yang masih tergolong baru sehingga hanya terdapat hamparan keindahan alam saja. Meski demikian, keindahan alam yang ditawarkan oleh Curug Sidoharjo mampu menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya.

Alamat

Sumoroto, Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673, Indonesia.

Jam Buka

Jam Buka Curug Sidoharjo : 24 jam

Harga Tiket Masuk

Tiket Curug Sidoharjo : Ketika hendak menuju Air Terjun Sidoharjo kamu harus membayar sebesar Rp. 3.000 per orang, uang tersebut diperuntukkan untuk uang jasa kebersihan. Sedangkan untuk biaya parkir, cukup membayar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Rute Menuju Lokasi

Untuk mencapai Curug Sidoharjo dari kota Yogyakarta, Anda dapat mengikuti rute melalui Jalan Godean ke arah barat hingga mencapai perempatan Nanggulan. Dari sana, belok ke kanan menuju tugu perempatan Pasar Dekso dan ambil arah Samigaluh setelah melewati tugu tersebut. Kemudian, ambil kanan di pertigaan di jalan menanjak dan arahkan kendaraan ke Mts. Sidoharjo. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan Mts. Sidoharjo, lalu belok kanan masuk ke jalan kecil di sebelahnya. Teruslah mengikuti jalan tersebut dan Anda akan tiba di Desa Sidoharjo. Namun, untuk sampai ke lokasi curug, Anda perlu bertanya kepada warga setempat karena lokasi curug cukup tersembunyi.