Keindahan Curug Pulosari: Air Terjun Cantik di Bawah Jurang

Keindahan Curug Pulosari: Air Terjun Cantik di Bawah Jurang, dijogja.co. Keindahan Curug Pulosari: Air Terjun Cantik di Bawah Jurang.
27 April 2023 11:33
27/04/2023
168
desawisatabantul.com

Keindahan Curug Pulosari: Air Terjun Cantik di Bawah Jurang

dijogja.co -

Terletak di bawah jurang, Curug Pulosari, atau yang dikenal sebagai Air Terjun Jurang Pulosari oleh masyarakat sekitar, memiliki ukuran yang kecil dan tidak tinggi jika dibandingkan dengan air terjun lain di DIY. Meskipun hanya memiliki ketinggian antara lima hingga tujuh meter saja, daya tarik dari curug ini terletak pada jatuhnya air dari atas tebing. Aliran air yang tidak begitu deras tersebut membuat curug ini tampak seperti tirai-tirai putih yang cantik. Oleh karena itu, meskipun kecil, Curug Pulosari menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di wilayah Sleman, Yogyakarta.

Selain keindahan alamnya, Curug Pulosari juga memiliki nilai sejarah yang menarik. Konon, air terjun ini menjadi tempat pertapaan seorang pangeran dari Keraton Yogyakarta pada masa lampau. Kini, Curug Pulosari telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk mendukung pariwisata, seperti area parkir, kamar mandi, dan warung makan. Dengan suasana alam yang asri dan udara yang sejuk, Curug Pulosari dapat menjadi alternatif tempat wisata yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Fasilitas Pendukung

Curug Pulosari telah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang cukup memadai untuk menyambut kedatangan wisatawan yang ingin mengunjungi lokasi ini. Beberapa fasilitas yang tersedia di Curug Pulosari antara lain ruang ganti untuk mandi dan berganti pakaian, warung makan yang menyajikan aneka hidangan lezat, tempat parkir yang luas dan aman, serta penyewaan ban renang bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan air terjun secara langsung. Selain itu, terdapat pula beberapa fasilitas lainnya seperti gazebo yang nyaman dan teduh, tempat istirahat yang menyediakan pemandangan yang indah, serta warung oleh-oleh yang menjual berbagai macam souvenir khas dari sekitar lokasi wisata. Semua fasilitas ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan wisatawan selama berada di Curug Pulosari, sehingga mereka dapat menikmati pengalaman liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan di sini.

Alamat

Sendangsari, Pajangan, Krebet, Sendangsari, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751, Indonesia.

Jam Buka

Jam Buka Curug Pulosari buka setiap hari dari jam 06:00-18:00 WIB

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk Curug Pulosari Untuk tiket masuk : Rp. 2.000,- per orang. Parkir motor : Rp. 2.000,- per unit. Parkir mobil : Rp. 5.000,- per unit.

Rute Menuju Lokasi

Perjalanan dimulai dari Terminal Giwangan dan dilanjutkan dengan belok kanan (barat) menuju perempatan ring road jalan Bantul. Dari perempatan tersebut, belok kiri (selatan) dan terus melanjutkan perjalanan hingga mencapai perempatan Desa Wisata Kasongan. Di perempatan tersebut, belok kanan (barat) dan terus melanjutkan perjalanan hingga menemukan pertigaan dengan pohon beringin. Belok kiri (selatan) di pertigaan tersebut dan terus mengikuti jalan hingga menemukan jalan Goa Selarong. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke selatan hingga menemukan pertigaan Yuan Art Kayu Krebet. Belok kiri di pertigaan tersebut dan melewati SMPN 3 Pajangan, lalu terus ke selatan hingga menemukan gapura di tengah jalan. Di belakang gapura tersebut terdapat papan petunjuk arah bertuliskan jurang Pulosari. Belok kanan (barat) mengikuti jalan semen yang terdiri atas dua lajur hingga menemukan petunjuk arah berikutnya.Meskipun rutenya cukup panjang, namun dengan mengikuti petunjuk arah yang tersedia, wisatawan dapat dengan mudah mencapai Curug Pulosari. Selain itu, perjalanan ke Curug Pulosari juga menawarkan pemandangan alam yang indah dan memikat, sehingga wisatawan dapat menikmati perjalanan dan wisata sekaligus.