Jurang Tembelan Kanigoro: Menyaksikan Keindahan Alam Yogyakarta yang Tiada Habisnya, dijogja.co. Jurang Tembelan Kanigoro: Menyaksikan Keindahan Alam Yogyakarta yang Tiada Habisnya.
22 September 2023 15:26
22/09/2023
142
alisa dian-Gmaps

dijogja.co -

Yogyakarta selalu menjadi pilihan yang menarik untuk liburan, dan kali ini, kamu bisa mengajak sahabat atau teman-temanmu untuk berburu foto alam yang Instagrammable di Jurang Tembelan Kanigoro. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang begitu memesona, mirip seperti negeri di atas awan. Namun, yang membuat Jurang Tembelan unik adalah kebijakannya yang buka selama 24 jam! Ini berarti kamu memiliki fleksibilitas untuk menikmati keindahan sunrise di pagi hari atau matahari terbenam di petang hari, sesuai dengan preferensimu.

Salah satu daya tarik utama Jurang Tembelan adalah spot foto berbentuk perahu yang terbuat dari bambu yang menghadap langsung ke jurang hijau yang menakjubkan. Saat berada di ujung spot foto ini, kamu akan merasakan udara segar yang khas dari Mangunan sambil menikmati pemandangan bukit yang menghijau dan hutan asri yang membentang luas. Ini adalah pengalaman yang tak terlupakan bagi pecinta alam dan fotografi.

Jadi, jika kamu ingin mengeksplorasi keindahan alam Jogja yang luar biasa, Jurang Tembelan Kanigoro adalah destinasi yang sempurna, baik untuk merasakan kedamaian pagi dengan sunrise yang menakjubkan atau untuk mengakhiri hari dengan pemandangan matahari terbenam yang memesona.

Fasilitas Pendukung

Terdapat beberapa fasilitas wisata yang bisa anda nikmati ketika berlibur di Jurang  Tembelan Yogyakarta. Berikut fasilitas pendukung wisata yang sudah tersedia di obyek wisata ini: Area parkir wisata, Warung kopi dan jajanan ringan, Gazebo, Gardu Pandang, Spot Foto Instagenic dan lainnya.

Alamat

Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Jam Buka

Setiap Hari (05.00 – 17.00)

Harga Tiket Masuk

Kabar baiknya lainnya wisatawan, kalau hingga sekarang belum ada informasi resmi seputar retribusi wisata, alias pihak pengelola belum menentukan tiket masuk atau gratis. Namun bila sobat hendak beramal bisa membayar se ikhlas nya di kotak-kotak amal telah disediakan demi pembangunan wisata lebih berkembang. Bila sobat membawa kendaraan pribadi, maka siapkan ongkos parkir sebesar Rp. 2.000 sepeda motor dan Rp. 5.000 kendaraan mobil.

Rute Menuju Lokasi

Dari Malioboro arahkan kendaraan kita sampai perempatan kawasan 0 Kilometer. Dari kawasan 0 Kilometer belok kanan ke jalan Panembahan senopati hingga sampai Perempatan Gondomanan. Di perempatan Gondomanan belok ke kanan ke arah Jalan Brigjen Katamso lurus hingga sampai perempatan Jokteng Timur. Dari perempatan ini, kita tempuh jalan Parangtritis hingga sampai kilometer 11, hingga sampai di perempatan Bakulan. INGAT KILOMETER 11. Dari perempatan Bakulan belok kiri ke arah jalan Bakulan - Imogiri. Kurang lebih 3,5 kilometer dengan menempuh jalan Bakulan - Imogiri kita akan sampai di Puskesmas Imogiri dan Kecamatan Imogiri. Dari Kecamatan Imogiri, kita arahkan ke Jalan Makam Raja Keraton kurang lebih 1 kilometer. Lihat papan petunjuk arah, jika lurus ke Makam Raja dan jika belok kanan ke arah Dlingo. Ambil yang arah ke Dlingo. Dari pertigaan tersebut kita ikuti jalan Imogiri - Dlingo hingga sampai di sebuah pertigaan yang ada Tugu Mangunan. Dari Tugu Mangunan tersebut, belok kanan ke arah Playen Gunungkidul kurang lebih 10 meter dari Tugu Mangunan, ada gang masuk kampung. Lihat papan nama petunjuk arah Jurang Tembelan atau arah ke Bukit Panguk Kediwung. Ikuti jalan kampung tersebut hingga kondisi jalan menurun. Nanti akan menemukan pertigaan yang ada Tulisan Kebun Buah Mangunan. Nah, lokasi Jurang Tembelan dari Tulisan Kebun Buah Mangunan tersebut 5 sampai 7 meter disebalah kanan. Sudah terlihat dari pertigaan Kebun Buah Mangunan.