Watu Goyang: Keajaiban Batu Bergoyang dan Alam yang Memukau

Watu Goyang: Keajaiban Batu Bergoyang dan Alam yang Memukau, dijogja.co. Watu Goyang: Keajaiban Batu Bergoyang dan Alam yang Memukau.
02 September 2023 13:10
02/09/2023
171
visitingjogja.jogjaprov.go.id

Watu Goyang: Keajaiban Batu Bergoyang dan Alam yang Memukau

dijogja.co -

Watu Goyang, sebuah nama yang berasal dari Bahasa Jawa yang berarti "Batu yang bergoyang," adalah salah satu situs alam yang sangat istimewa di Indonesia. Dulu, di puncak Watu Goyang, ada sebuah batu besar yang memiliki kemampuan unik untuk bergoyang ketika disentuh atau didorong. Batu ini telah berdiri tegak selama beratus-ratus tahun, tetap kukuh meskipun banyak yang mencoba memindahkannya. Pengelola situs ini dengan bijak melarang pendaki untuk mencoba menaiki batu ini, demi menjaga keselamatan pengunjung.

Keunikan Watu Goyang tidak hanya terletak pada batu bersejarah ini. Kawasan sekitarnya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Hutan hijau yang luas dan keberadaan Gunung Merapi di kejauhan menciptakan lingkungan yang sangat alami dan menyejukkan. Saat berada di puncak Watu Goyang, Anda dapat merasakan suhu udara yang sejuk, terutama pada pagi hari. Bahkan saat cuaca sedang panas, angin sepoi-sepoi yang bertiup akan memberikan kesejukan.

Kunjungan ke Watu Goyang pada pagi hari akan memberikan Anda pandangan menakjubkan ketika kabut tipis menyerupai negeri di atas awan. Namun, sayangnya, Anda mungkin tidak akan melihat matahari terbit secara sempurna di sini. Sebaliknya, jika Anda datang pada sore hari, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan luar biasa matahari terbenam yang sempurna, karena Puncak Watu Goyang menghadap langsung ke arah barat.

Selain pesona batu dan pemandangan alamnya, Watu Goyang juga menawarkan taman bunga yang memukau. Di sini, Anda akan menemukan kebun bunga matahari yang mempesona, bersama dengan berbagai jenis bunga lainnya yang menghiasi kebun ini. Berfoto di tengah bunga-bunga yang berwarna-warni akan menghasilkan foto yang penuh warna. Ada banyak spot selfie yang indah di Watu Goyang, termasuk gardu pandang yang unik berbentuk helikopter dan spot-spot lainnya yang sangat cocok untuk berfoto.

Jadi, datanglah dan nikmati keindahan alam yang menakjubkan dan pesona mistis Watu Goyang. Dari batu yang bergoyang hingga matahari terbenam yang memukau, tempat ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan untuk semua pengunjung.

Fasilitas Pendukung

Untuk menunjang kualitas liburan anda dan keluarga di Jogja. Berikut beberapa fasilitas wisata yang bisa anda nikmati ketika berlibur: Area parkir wisata, Gazebo, Toilet, Mushola, Warung Makan, Spot wisata dan spot foto

Alamat

Mangunan, Kec. Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Jam Buka

Operasional wisata Watu Goyang Mangunan sendiri buka setiap hari selama 24 jam full, sehingga pengunjung bisa datang kapan saja. Namun waktu terbaik untuk berkunjung yakni saat senja hari saat matahari akan terbenam.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke kawasan wisata Watu Goyang ini penunjung tidak dikenakan biaya berapapun alias gratis. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan di Watu Goyang yaitu:

Sepeda motor: Rp 3.000 Mobil: Rp 7.000 Minibus: Rp 15.000 Bus: Rp 20.000

Rute Menuju Lokasi

Rute perjalanan yang bisa kalian lalui jika berangkat dari arah kota Jogja yakni melalui Jalan Pangurakan. Setelah itu, arahkan kendaraanmu menuju selatan melewati Jalan Brigjend Katamso dan lurus terus ikuti jalur hingga bertemu perempatan. Dari perempatan tersebut, ambillah arah timur yang menuju Jalan Kolonel Sugiyono. Lanjutkan perjalanan dengan mengambil arah selatan menuju Jl. Sisingamangaraja hingga melewati jalan Makam Raja. Ketika sampai disebuah pertigaan, ambillah arah selatan melewati jalan Imogiri-Dlinggo hingga menemui perempatan. Dari situ arahkan kendaraanmu menuju utara melewati Jalan Watu Goyang, tak lama lagi kalian akan sampai dilokasi wisata.