Plunyon Kalikuning: Keindahan Air Terjun dan Petualangan Alam yang Seru

Plunyon Kalikuning: Keindahan Air Terjun dan Petualangan Alam yang Seru, dijogja.co. Plunyon Kalikuning: Keindahan Air Terjun dan Petualangan Alam yang Seru.
22 September 2023 16:36
22/09/2023
165
magrib pulang-Gmaps

Plunyon Kalikuning: Keindahan Air Terjun dan Petualangan Alam yang Seru

dijogja.co -

Sambutlah Plunyon Kalikuning, di mana alam mempersembahkan sebuah air terjun menawan yang mengalir di atas tebing curam. Air terjun ini mempesona dengan ketinggian mencapai sekitar 20 meter, dikelilingi oleh pepohonan rindang yang menciptakan aura alam yang damai. Di bawah gemuruh air terjun, terdapat kolam alami yang mengundang untuk berendam. Airnya sangat jernih dan segar, menjadikannya tempat ideal untuk bersantai atau bermain air.

Namun, Plunyon Kalikuning tak hanya sekadar air terjun. Destinasi ini juga menawarkan jalur trekking yang akan membawa Anda melintasi hutan yang menawan dan melalui tebing-tebing curam yang menantang. Inilah kesempatan Anda untuk berpetualang di tengah alam yang indah.

Apa yang dapat Anda nikmati di Plunyon Kalikuning? Selain menikmati pemandangan air terjun yang menakjubkan, Anda bisa merendam diri di kolam alami di bawahnya, menjelajahi jalur trekking yang menarik, dan tak lupa, berfoto di spot-spot Instagramable yang tersebar di sekitar tempat ini. Plunyon Kalikuning adalah tempat yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam sambil menggali petualangan yang tak terlupakan.

Fasilitas Pendukung

Salah satu wisata alam hits di sleman jogja ini sudah memiliki fasilitas umum yang memadai siap menyambut wisatawan. Fasilitas tersebut diantaranya: Spot bersepeda, Spot Camping, Berbagai Spot foto dengan bakcground Gunung Merapi, Gazebo, Warung makan, Mushola, Kamar Mandi hingga Area Parkir luas. Walaupun fasilitas yang ada masih sederhana, namun pengalaman yang didapat di wisata ini akan memberikan kenangan tersendiri.

Alamat

Kedungsriti, RT.01/RW.06, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583

Jam Buka

Buka setiap hari pukul 09.00-15.00

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke kawasan Plunyon Kalikuning saat hari biasa mulai dari Rp 5.000, sedangkan saat libur mulai dari Rp 7.500 per orang.

Rute Menuju Lokasi

Dari Malioboro, arahkan perjalanan ke selatan menuju Jalan Perwakilan. Setelah melewati Hasian Malioboro Motel, belok kiri ke Jalan Mataram. Setelah itu, belok kanan menuju Jalan Abu Bakar Ali. Lanjutkan sekitar 550 meter, kemudian belok kiri ke Jalan Yos Sudarso. Gunakan jalur tengah untuk sedikit belok ke kanan menuju Jalan Faridan Muridan Noto. Setelah itu, belok kiri ke Jalan Suroto. Setelah sekitar 1,2 kilometer, ambil jalan keluar pertama di putaran menuju Jalan Terban. Setelah melewati KFC di sebelah kanan, langsung belok kanan ke Jalan Persatuan. Terus lurus di Jalan Kaliurang. Dari Kaliurang, terus naik hingga mencapai belokan ke kiri menuju Lavatour atau Umbulharjo, kemudian belok kiri setelah sekitar 100 meter dari posisi tersebut. Kemudian, Anda akan mencapai pertigaan dengan pohon beringin kecil. Belok kanan di sana dan terus lurus sampai Anda mencapai tujuan akhir, yaitu Jembatan Plunyon.