Eksplorasi Kebun Teh dan Hutan Pinus di Gunung Jaran, Yogyakarta

Eksplorasi Kebun Teh dan Hutan Pinus di Gunung Jaran, Yogyakarta, dijogja.co. Eksplorasi Kebun Teh dan Hutan Pinus di Gunung Jaran, Yogyakarta.
01 Agustus 2023 12:34
01/08/2023
147
visitingjogja.jogjaprov.go.id

Eksplorasi Kebun Teh dan Hutan Pinus di Gunung Jaran, Yogyakarta

dijogja.co -

Gunung Jaran adalah salah satu destinasi wisata alam yang menakjubkan, terletak di desa wisata Nglinggo, Samigaluh. Dengan ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut, puncak Gunung Jaran menawarkan pemandangan yang memukau bagi para wisatawan. Dari sini, mereka dapat menyaksikan eksotisme kebun teh Nglinggo yang terhampar dengan indah, hutan pinus yang menyejukkan, serta puncak Gunung Kukusan yang menjulang gagah. Udara di puncak Gunung Jaran begitu sejuk, menciptakan suasana yang nyaman dan menyegarkan bagi setiap pengunjung.

Tak hanya keindahan alam yang menawan, Gunung Jaran juga menyediakan fasilitas gardu pandang yang dilengkapi dengan teleskop. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk menikmati pemandangan jarak jauh dengan lebih detail. Dengan bantuan teleskop, pengunjung dapat melihat keajaiban Candi Borobudur dari kejauhan jika cuaca mendukung. Pengalaman ini menjadi salah satu daya tarik utama bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan alam dan warisan budaya yang luar biasa di sekitar Gunung Jaran.

Kawasan Gunung Jaran di desa wisata Nglinggo juga memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk menikmati kegiatan trekking dan hiking yang menantang. Rute perjalanan menuju puncak menjadi petualangan menarik bagi para pecinta alam dan olahraga. Dengan pesona alamnya yang memesona dan kemudahan akses untuk menikmati panorama spektakuler, Gunung Jaran menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang mencari kedamaian dan keindahan alam di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Fasilitas Pendukung

Fasilitas umum di sini cukup memadai, seperti toilet yang bersih, musala, dan area parkir yang cukup luas. Fasilitas tersebut membuat wisatawan cukup nyaman menikmati keindahan Kebun teh Nglinggo.

Alamat

Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo,Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka

Gunung Jaran Nglinggo Buka bukul 06:00 hingga 20:00 Setiap Harinya

Harga Tiket Masuk

Anda dapat masuk ke Gunung Jaran Nglinggo dengan biaya yang terjangkau. Harga tiketnya sangat murah, hanya Rp 2.000 untuk biaya retribusi dan Rp 3.000 untuk jasa lingkungan. Dengan uang sebesar Rp 5.000 saja, Anda sudah dapat menikmati semua fasilitas dan keindahan kawasan wisata ini.

Rute Menuju Lokasi

Rute dari Yogyakarta menuju Gunung Jaran Nglinggo memiliki jarak sekitar 40 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam hingga 1,5 jam. Untuk mencapai tujuan, Anda dapat memulai perjalanan dari Tugu Jogja dan mengarahkan kendaraan ke Ringroad Barat menuju Jalan Godean. Kemudian, lanjutkan perjalanan ke arah Barat melewati jembatan Sungai/Kali Progo. Setelah melewati jembatan, Anda akan menemukan lampu merah Kenteng, dan dari sana belok kanan. Lanjutkan perjalanan lurus sejauh kurang lebih 18 kilometer, dan Anda akan sampai pada lampu merah kedua yang merupakan perempatan Dekso dengan tugu di tengahnya. Belok kiri di perempatan tersebut dan ikuti jalan utama hingga bertemu pertigaan Pasar Plono. Di pertigaan tersebut, Anda akan menemukan petunjuk arah yang akan membawa Anda ke Gunung jaran Nglinggo hingga sampai di pintu pembelian tiket. Untuk perjalanan dari Magelang menuju Gunung Jaran Nglinggo, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam. Anda dapat melewati Jalan Magelang lurus hingga mencapai Pasar Muntilan. Dari sana, ambil arah menuju Kalibawang hingga Anda sampai pada perempatan Dekso Kalibawang yang memiliki patung Garuda. Dari perempatan tersebut, belok kiri menuju Kecamatan Samigaluh. Lanjutkan perjalanan menyusuri pinggir sungai hingga bertemu jalan yang menanjak dan berkelok sampai pada pertigaan Pasar Totogan. Lalu, belok kiri di pertigaan tersebut dan teruslah melanjutkan perjalanan hingga melewati SMPN 2 Samigaluh. Tetaplah lurus sampai pada pertigaan Pasar Plano, lalu belok kanan. Ikuti papan petunjuk yang mengarah ke tempat membeli tiket, dan Anda akan tiba di Gunung Jaran Nglinggo.